Minggu, 04 April 2010

Mengaktifkan LAN CARD Intel Corporation PRO/100 VM di Zenwalk

Ini merupakan pengalaman pribadi dari diriku ketika baru menginstall distro berbasis zenwalk dilepti. Entah kenapa dan sebabnya, setelah diinstall eh... malah LAN CArdnya ngk kedetect. Oh, ya ... sekedar informasi, laptop aku Toshiba jadul (hihihihi jadi malu).

Langsung az dech ke TKP...
Langsung buka terminal (consule) dan ketik perintah "su" ( untuk masuk dalam root ) dan isikan pasword rootnya. Kemudian ketik perintah "lspci" tuk mengetahui LAN CARD yang dipake. Ternyata, LAN CARD punya leptiku adalah Intel Corporation PRO/100 VM. Setelah Googling ria dan nanya keteman-teman yang ahli, akhirnya ketemu juga pemecahan dari masalah aq. Kata ditutorial dan teman-teman aq biasanya INTEL tu support banget buat linux. Jadi, kemungkinan cuman kena blacklist doang.

So... masih di terminal (consule) n masih sebagai root, langsung ketik perintah "vi /etc/modprobe.d/blacklist". ketik "i" untuk menulis. beri tanda "#" didepan tulisan blacklist e100. trus tekan "Esc". kemudian ":wq" (untuk write n quit ) ato "q!" ( kl ngk jadi ngapa"in ) ".



Trus, buka wicd networking manager. klik preference. dibagian wired interface, isi dengan eth0. terus dibagian always show wired interface, contengin. klik ok. trus klik propertise, isi ip addres n dns sesuai selera anda. ^_^



baru restart. Kemudian cek dengan menggunakan terminal, ketik "ifconfig" untuk melihat terdetek ato tidak (jangan lupa, kabel LAN udah tersambung dengan Laptop). kalo ada baru lanjutkan dengan perintah "networkconfig" untuk mengaktifkan LANnya. Dibagian networkconfig, tekan enter biar statusnya menjadi "up".

Demikianlah coretan yang aq tulis ini. Semoga bermanfaat bagi semua... Amien... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar